Posted by : Unknown Rabu, 19 Desember 2012

Pernahkah anda menulis dalam sebuah (atau beberapa) artikel blog anda, dimana saat itu anda terus saja memperhatikan setiap kata yang ada disana, serta berharap agar pembaca sangat menyukai gaya bahasa anda ?
Atau mungkin anda malah memfokuskan diri kepada apa yang saya sebut disini kualitas dari konten yang anda sediakan, bahkan untuk sekedar tulisan biasa ?
Anda mungkin juga tahu bahwa akan ada banyak pembaca, komentar, dan juga share, sebagai timbal balik atas apa yang anda lakukan pada artikel tersebut ?
Lalu apa yang anda rasakan sekarang, sesaat setelah anda menekan tombol “publish”, saat apapun yang anda lakukan untuk konten tersebut, hilang sia-sia, layaknya butiran debu yang tertiup udara segar ?
Maksud saya.., apa yang anda rasakan saat tak ada satupun orang yang membaca artikel anda, tertarik dengan artikel anda, atau bahkan .. terpengaruh dari artikel yang anda sediakan ?
Ya. Anda benar. Hal tersebut sangatlah menyakitkan.
Tahu apa yang terjadi setelah itu ?
Giliran perasaan stres melanda. Harus ada motivasi dan dukungan yang cukup agar anda tetap bisa menulis konten yang berkualitas dan bermanfaat bagi pembaca blog anda.

Lalu sebenernya apa saya butuh lebih dari 100 tahun mempelajari semua ilmu ngeblog ?
Tidak. Anda salah besar.
Seperti yang saya tulis di judul artikel ini,
Menarik lebih banyak pembaca bisa dibilang simpel. ;) . Sangat simpel malah..
Dengan kata lain, anda hanya perlu untuk . . .
Membuatnya menarik, mudah dibaca, dan dipahami ! :D
Trus, gimana caranya dong ! :(

1. Jaga jarak

Jaga jarak aman antar tulisan anda. Jagalah untuk tetap membuatnya cukup aman dibaca. Maksud saya, beri paling tidak sebuah space putih kosong di antara paragraf tulisan anda. Tetap tulis hal yang ingin anda tulis.. sesingkat-singkatnya. Tetap buat tulisan pendek per paragrafnya, Bekisar 2-3 kalimat saja. Tak lebih.
Tapi ingat, kemas semaksimal mungkin. Tunjukkan bahwa anda bisa bersikap profesional dalam mengemasnya menjadi sebuah artikel yang enak dan nyaman dibaca. Bukan sekedar paragraf kalimat pendek yang tak berkualitas.

2. Gunakan poin-poin (bullet)

Menggunakan fitur bullet dalam menulis artikel, selain mempermudah pembaca untuk memahami apa yang anda bahas disana, anda juga bisa dengan mudah menarik lebih banyak pembaca lagi.
Loh, bagaimana bisa ?
  • Sebagai suasana baru sesaat ketika pembaca sedang asyik-asyiknya membaca rincian paragraf artikel anda.
  • Penggunaannya bisa jadi sangat menarik, apalagi jika si pembaca memiliki kebiasaan membaca tak sampai akhir.

3. Gunakan fitur Bold, Underline, Italic, juga Strikethrough

Terkadang fitur-fitur ini sangat disayangkan jika anda tak menggunakannya dengan baik.
Sebaliknya, sangat disayangkan pula jika fitur-fitur seperti ini disalahgunakan untuk kepentingan yang tak bertanggung jawab.
Padahal, jika anda menulis dengan variasi tulisan berbeda-beda menggunakan salah satu fitur tersebut, bisa jadi tulisan anda digemari oleh sosok pembaca setia blog anda.
Apalagi saat ini membaca artikel blog bisa dibilang sangat membosankan. Entah karena itu-itu saja yang di publikasi, atau memang perasaan malas akan gaya bahasa yang digunakan, itu semua tergantung pada diri masing-masing pembaca.
Yang penting saat ini, gunakan sebaik-baiknya fitur tersebut, namun jangan berlebihan. Karena semua yang berlebihan itu tidak baik. :D

4. Tambahkan tautan link berkualitas tinggi

Sedikit tambahan, internal link bisa membuat pembaca anda tetap menggantung di dinding blog anda dengan terus membaca topik-topik lain yang anda sediakan.
Sementara itu, external link bisa membuat pembaca lebih jauh mengenal atau memahami apa yang anda bahas, pastinya dari sumber yang lebih terpercaya, termasuk referensi dari sang ahli.
Nah, keduanya sangat berperan penting dalam kegiatan ngeblog. Apalagi SEO.
Eits, tapi ingat.. jangan pernah sekali-kali menambahkan link antar postingan yang memang tidak relevan. Maksud saya, jangan asal menambahkan link..
Semua butuh proses, percayalah .. Meski anda tak perlu melakukan itu, anda tetap mendapat hasil yang sama.
————————————————————————————————————————
Saya Muflich Kamil

Termia Kasih. :D
Oiya, jangan lupa berlangganan artikel juga ya.. Kan sayang kalo anda tidak sempat membuka situs ini untuk membaca info-info bermanfaat lainnya.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Blogroll

Blogger templates

Pengikut

Watch

Hot Games

Baca Juga:
Langganan
Get It

Blogger news

Play Station

Blogger templates

Pages

Translate

Blog Archive

Popular Posts

Copyright © IDM (Info Dunia Maya) -Black Rock Shooter- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan